Pengertian komunikasi bisnis menurut ahli :
- menurut purwanto , komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu.
- menurut katz , komunikasi bisnis adalah pertukaran ide , pesan dan koncep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan bisnis.
- menurut curtis , komunikasi bisnis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat keputusan.
6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis , yaitu
- memiliki tujuan , artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
- pertukaran , dalam hal ini melibatkan dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
- gagasan , opini , informasi dan instruktur yang merupakan isi dari pesan tergantung tujuan , situasi dan kondisinya.
- saluran yang bersifat tatap muka , menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- simbol atau sinyal , yang merupakan alat atau metode dalam menyampaikan pesan
- pencapaian tujuan organisasi : salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar